Kanwil V KPPU Bersinergi Dengan BPS Kota Balikpapan

Peningkatan kompetensi pegawai di Kantor Wilayah V KPPU harus dilakukan secara berkesinambungan. Untuk itu, Charisma Desta Ardiansyah, Kepala Bidang Kajian dan Advokasi beserta tim bertemu dengan Achmad Zaini, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan (9 Januari 2020). Kegiatan ini merupakan penjajakan untuk lebih meningkatkan kerjasama antar lembaga, terutama dalam implementasi MoU antara KPPU dengan BPS.

Charisma menyampaikan bahwa kerjasama tersebut tidak hanya berkaitan dengan tukar menukar informasi dan data, namun yang lebih besar lagi yakni peningkatan kompetensi pegawai, khususnya pegawai Kanwil V dalam melakukan survey harga komoditas pangan sesuai dengan kaidah pengambilan data statistic. Untuk itu, diharapkan BPS Kota Balikapapan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai teknik-teknik survey dan pengambilan sample agar data yang dihasilkan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Achmad Zaini sedikit menjelaskan survey yang dilakukan BPS, dimana dalam pengambilan data paling sedikit dilakukan kepada 3 responden untuk mengtahui data yang paling banyak muncul atau data rata-rata jika dari semua responden memberikan informasi harga yang berbeda-beda. Selain itu, BPS Kota Balikpapan senantiasa bersinergi dengan setiap lembaga dalam menyediakan data statistic dan akan berkontribusi untuk meningkatkan kompetensi pegawai KPPU.

Tidak hanya itu, Achmad Zaini juga menitipkan pesan bagi pegawai KPPU dan keluarganya untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk yang akan dimulai pada 15 Februari 2020.(gs)